
Pilar Strategi Marketing adalah kumpulan variable pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target pasar.
Konsep marketing mix pertama kali dikenalkan oleh Neil Bordern yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad 20. Pada dasarnya, konsep marketing ini akan membantu sebuah bisnis dalam merencanakan strategi pemasarannya agar tepat sasaran.
Empat pilar strategi pemasaran yang umum diakui adalah produk, harga, promosi, dan distribusi. Keempat pilar ini harus dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang setiap pilar :
Produk
Ini mencakup semua keputusan yang terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan termasuk desain, kualitas, fitur, merk dan kemasan. Produk yang baik harus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta dapat bersaing di pasar.
Harga
Memahami harga yang tepat adalah kunci dalam memenangkan persaingan pasar. Hal ini mencakup strategi penetapan harga dan kebijakan harga yang diambil perusahaan untuk produk atau layanan mereka. Keputusan harga harus mempertimbangkan biaya produksi, keuntungan yang diharapkan, harga pesaing dan nilai yang dihasilkan bagi konsumen.
Promosi
Ini mencakup semua upaya untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen, termasuk iklan, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung. Promosi harus dibuat agar sesuai dengan target pasar dan pesan yang diinginkan disampaikan oleh perusahaan. Anda harus memiliki taktik yang cocok dengan merk Anda, menghasilkan hasil yang diinginkan dan sesuai dengan anggaran Anda.
Distribusi
Ini mencakup semua keputusan terkait dengan saluran distribusi yang akan digunakan untuk mengirimkan produk atau layanan kepada konsumen, seperti toko fisil, e-commmerce, atau agen distribusi. Dalam menentukan saluran distribusi yang tepat, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan pelanggan, biaya distribusi, dan kemampuan untuk memenuhi permintaan pasar.
Ketika keempat pilar strategi ini dikombinasikan secara efektif, Anda dapat membangun strategi pemasaran yang sesuai dengan target. Namun, penting juga untuk terus mengembangkan strategi dan melakukan evaluasi berkala guna memastikan jalur yang Anda ambil tidak melenceng dan memenuhi tujuan bisnis Anda.
Dengan begitu Anda dapat memastikan bisnis Anda dapat bertahan dan mampu berkembang dalam jangka panjang.
Yuk segera miliki bisnis impianmu ini sekarang juga!
Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di,
WhatsApp : 0812 2898 0225
Website : limawarna.id